Penyerahan sertifikat tanah Pasar Banyurip dari Pemerintah Kabupaten Pekalongan kepada Pemerintah Kota Pekalongan





 
KAJEN - Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyerahkan aset Pasar Banyurip kepada Pemerintah Kota Pekalongan.

Penyerahan aset tanah Pasar Banyurip dari Pemerintah Kabupaten Pekalongan kepada Pemerintah Kota Pekalongan’ yang diselenggarakan di aula lantai I Setda Kabupaten Pekalongan.

Bupati Pekalongan Fadia mengungkapkan, bahwa prosesi penyerahan tanah tersebut telah melalui proses yang panjang dan seyogyanya dilakukan pada saat pemekaran wilayah Kabupaten Pekalongan pada tahun 90-an.

Akan tetapi, karena berbagai kendala terkait aturan sehingga baru saat ini dapat dilaksanakan prosesi penyerahan secara resmi kepada Pemkot Pekalongan.

"Saat diminta oleh KPK untuk menyelesaikan aset pemerintah yang masih bingung, antara kota dan kabupaten seperti ini. Dimana sertifikatnya milik Pemerintah Kabupaten Pekalongan, tapi pasarnya milik Kota Pekalongan."

"Saya meminta kepada Sekda untuk bertanya langsung terkait aturannya kepada Provinsi Jawa Tengah. Alhamdulillah, jawaban dari Gubernur dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memang ini sudah bisa kita serahkan," ungkap Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat, Rabu (19/10/2022).

Fadia mengatakan, langkah yang diambil oleh Pemkab Pekalongan dalam rangka mentaati aturan.

"Apakah aturannya boleh tidak, lalu apakah aturannya yang kita lakukan sudah benar atau belum, karena saya ingin melakukan segala sesuatunya kalau semuanya sesuai dengan aturan."
"Jika belum sesuai aturan, saya minta untuk dikaji ulang sekali lagi," katanya.

Pihaknya berharap melalui penyerahan tersebut, Pemkot Pekalongan dapat mengelola dan membangun Pasar Banyurip dengan lebih baik untuk kemakmuran dan kemajuan UMKM masyarakat luas.

"Saya titip kepada Pemkot Pekalongan, supaya pasarnya dan UMKM dapat berkembang dengan baik, dan juga bagi pemkot dengan adanya sertifikat. Maka, Pemkot Pekalongan dapat melakukan pembangunan lebih mudah."

"Aturannya bisa lebih mudah. Apalagi, kita antara Kabupaten dan Kota Pekalongan ini hidup berdampingan dan hidup yang baik. Insyaallah, segala sesuatunya kita musyawarahkan dengan baik," tambahnya.

Sc TribunJateng
#PekalonganInfo